Program Studi D4 Akuntansi Terapan
Published on Program Studi D4 Akuntansi Terapan (https://d4akuntansi.fv.uny.ac.id)

Home > GAMONERA: Gamifikasi dan Monopoli Akuntansi Era Digital sebagai Media Pembelajaran Modern di SMK Ma’arif 1 Temon

GAMONERA: Gamifikasi dan Monopoli Akuntansi Era Digital sebagai Media Pembelajaran Modern di SMK Ma’arif 1 Temon

Submitted by admin on Wed, 2025-11-05 14:10

Kulon Progo — Tim mahasiswa dari Program Studi D4 Akuntansi, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertajuk “GAMONERA: Gamifikasi dan Monopoli Akuntansi Era Digital sebagai Media Pembelajaran Modern”. Kegiatan ini diselenggarakan di SMK Ma’arif 1 Temon, Kulon Progo, dengan tujuan memperkuat kompetensi peserta didik melalui inovasi pembelajaran akuntansi yang interaktif dan menyenangkan.

Program ini merupakan implementasi nyata dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDGs 4: Pendidikan Berkualitas dan SDGs 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (penekanan pada pentingnya kolaborasi). Melalui kegiatan ini, UNY berupaya mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi di tingkat sekolah menengah serta memperkuat kolaborasi dengan lembaga pendidikan mitra.

Dalam kegiatan ini, tim pengabdian memperkenalkan GAMONERA (Gamifikasi dan Monopoli Akuntansi Era Digital) — media pembelajaran berbentuk permainan monopoli digital yang dikembangkan khusus untuk membantu siswa memahami konsep dasar akuntansi seperti transaksi, jurnal, buku besar, hingga laporan keuangan. Media ini diintegrasikan dengan pendekatan gamification untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan siswa di kelas.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh siswa jurusan Akuntansi SMK Ma’arif 1 Temon. Para peserta mendapatkan pelatihan mengenai penggunaan aplikasi GAMONERA, cara mengintegrasikannya dalam kegiatan belajar mengajar, serta pendampingan dalam menerapkan konsep akuntansi secara digital. Pelatihan disampaikan secara interaktif dengan sesi praktik langsung dan simulasi permainan edukatif.

GAMONERA merupakan bentuk kontribusi nyata perguruan tinggi dalam mendukung inovasi pendidikan. Tim pengabdian ingin membantu guru dan siswa untuk beradaptasi dengan pembelajaran berbasis teknologi. Ini bukan hanya soal memahami akuntansi, tetapi juga menumbuhkan kreativitas dan literasi digital di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini juga menjadi sarana penguatan kemitraan strategis antara perguruan tinggi dan sekolah menengah, sebagai wujud implementasi SDGs 17. Kolaborasi antara UNY dan SMK Ma’arif 1 Temon diharapkan terus berlanjut dalam bentuk pelatihan lanjutan dan pengembangan media pembelajaran lainnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan inovasi GAMONERA dapat menjadi model pembelajaran modern di bidang akuntansi yang dapat direplikasi di sekolah-sekolah lain. Program ini menjadi bukti nyata komitmen Fakultas Vokasi UNY dalam mencetak generasi muda yang adaptif, kreatif, dan siap menghadapi tantangan dunia kerja di era digital.

 

_RedAkt_

 


Source URL:https://d4akuntansi.fv.uny.ac.id/id/berita/gamonera-gamifikasi-dan-monopoli-akuntansi-era-digital-sebagai-media-pembelajaran-modern-di-smk-ma%E2%80%99arif-1-temon